Pertemuan Kelima

Jadi balik lagi di postan blog ini. Kali ini gue akan membahas tentang dalil komunikasi atau hukum dasar ilmu komunikasi. Sebenernya pas lagi mata kuliah ini dibahas, gue lagi dikantin, parah emang, skip. Tapi pas masuk sempet dijelasin ulang untungnya.

Ok jadi dalil komunikasi ini terjadi akibat adanya sumber informasi dan adanya penerima. Sumber informasi ini bisa dari alat atau bahkan dari alam. Misalnya saja gunung meletus. Dulu orang mengetahui gunung meletus ketika gunungnya sudah meletus dan menyebabkan korban jiwa. Bahkan orang mengetahui tsunami ketika airnya sudah pasang.

Tapi sekarang, dengan pengetahuan orang belajar untuk mengetahui ini lebih awal. Jadi yang menemukannya itu orang komunikasi dan juga melalui ilmu pengetahuan. Hebat ye orang komunikasi, salut sama bangga lah jadi orang komunikasi. Nah dari situ lahirnya sebuah alat pendeteksi gempa yang dinamakan seismograf. Yang disimpen dibeberapa titik gempa dan tentu saja dideket gunung berapi yang aktif. Jadi gunung berapi itu ketauan kapan bakal meletusnya dan diharapkan ga ada korban jiwa kaya waktu dulu.

Dan seperti tadi diatas, jika ada sumber informasi pasti harus ada penerimanya. Ya kalau ada informasi tapi yang nerima ga ada ya komunikasi ga terjadi. Misalnya terdampar dipulau ga berpenghuni, terus teriak minta tolong. Yang minta tolong itu sumber informasi, tapi yang nerimanya kan ga ada, nah ga terjadi tuh hukum dasar komunikasinya.

Kaya contoh dari Pak MRG, ada seorang nenek dia bilang ke cucunya, “cucuku, jangan main api nanti kamu kebakar” batin gue pas denger, ya iyalah, kalau main api kan bahaya, bisa terjadi kebakaran, atau malah dianya kebakar. Eh si cucunya jawab “tapi main api kan enak nek”. Lah gue bingung, main api apa enaknya? Disini gue masih belum nyambung, maklum anak polos, wkwk. Ditanya kan tuh maksud si nenek apa, gue diem bentar, terus gue jawab, “takut kebakar kali pak” eh jawaban gue salah.

Eh ternyata, yang dimaksud Pak MRG ini itu jangan selingkuh atau jangan sampe loose control dalam suatu hubungan yang jelas. Bahaya sih, kalau ketauan kan berabe. Hilang pasti itu dua duanya, wkwk, eh skip, gue ngomong apaan sih -_-

Sayangnya, kata Pak MRG itu orang Indonesia merupakan negara yang paling susah memberikan info secara jujur. Eh anjir, kaget gue pas denger itu. Semoga gue ga termasuk kedalam orang orang itu lah, aamiin.

Dan juga, kalau ada berita kita harus melakukan identifikasi terlebih dahulu. Iyalah, masa aja main nyebar berita tapi ga diindentifikasi. Beli hp aja pake identifikasi dulu, masa mau nyebarin berita ga. Kacau ini. Nanti kan yang denger atau baca beritanya malah jadi ngaco karena informasi yang disampaikan ini ga diidentifikasi dulu.

Eh iya, ada sedikit dari Laswel, katanya, Semua hukum dasar ilmu komunikasi berhubungan dengan pemaknaan sebuah pesan.

Jadi misalnya ada pesan nih diluar, itu tergantung gimana kita memaknainya. Misalnya kaya tadi tuh, api yang dimaksud ternyata api sebagai kiasan, tapi kalau kita mau memaknainya sebagai api beneran ya ga masalah. Kan itu tergantung bagaimana kita memaknainya. Dan itu juga hak setiap orang untuk memberi makna pada tiap pesan.

Dan kita juga harus menghormati setiap pesan yang ada. Ada juga yang bisa menghambat pesan sampai, dan juga akibat pemikiran kita sendiri yang menghambat pesan itu. Selain itu bisa juga karena kita disuruh orang jangan menyimpulkan makna sendiri, jadi pesan sebenernya ga sampe ke kita.

Nah makanya kita harus belajar untuk bisa menerjemahkan pesan dengan jujur, jadi ga ada lagi orang yang salah menangkap informasi yang kita sampaikan.

Ok sekian dulu blog kali ini, kurang atau lebihnya mohon dimaafkan.

Keep calm and listen to k-pop, uu yeah, wkwk.

Published by lkr95

“Music is the great uniter. An incredible force. Something that people who differ on everything and anything else can have in common.” Sarah Dessen 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: