Pertemuan Kedua Mata Kuliah Pak Ranto

Pada pertemuan kedua ini, Pak Ranto membahas bahwa bahasa merupakan cikal bakal atau awal dari komunikasi. Dan juga, bahasa terdiri dari 3 jenis, yaitu voice, body languange dan simbol. Voice atau suara merupakan hal yang biasa dilakukan setiap orang ketika berkomunikasi. Body languange biasanya digunakan oleh orang yang tuna wicara untuk berkomunikasi, seperti di TVRI, pasti ada seorang reporter yang menerjemahkan berita kedalam bahasa tubuh agar para tuna wicara mengerti berita apa yang disampaikan. Simbol merupakan hal yang bisa mewakili apa yang kita rasakan, seperti orang Perancis. Mereka menciptakan simbol love, membuat parfum, membuat make up, karena mereka sangat menghargai seorang wanita. Dan mereka tidak malu untuk menyatakan perasaan mereka meskipun hanya lewat simbol.

Komunikasi juga terdiri dari beberapa bagian, ada komunikasi antarpersonal, yaitu komunikasi antar satu pribadi dengan pribadi lain,ada komunikasi kelompok, yaitu komunikasi antar kelompok satu dengan kelompok lain, lalu komunikasi massa, yaitu komunikasi satu orang pada khalayak banyak seperti saat pidato atau ceramah, dan juga komunikasi interpersonal, dimana komunikasi ini merupakan komunikasi dengan diri sendiri. Saat kita berkomunikasi dengan diri sendiri, tentu sangat berbeda dengan ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, kelompok atau khalayak banyak. Biasanya ini terjadi ketika kita sedang berkaca, karena dengan berkaca kita bisa saja melihat monyet disana, atau selalu merasa kekurangan, bahkan bisa saja kita merasa menyesal dilahirkan. Atau bisa juga kita malah menjadi sangat percaya diri. Ketika kita melakukan komunikasi dengan diri kita sendiri, terutama ketika kita melakukan sebuah kesalahan yang mungkin sangat fatal, kita bisa menyendiri disuatu bukit lalu berteriak dan mencaci diri sendiri, juga menyesali perbuatan itu tentu saja.

Lalu ada juga komunikasi gaib, dimana dulu ternyata berjabat tangan itu tidak semudah seperti sekarang. Karena dulu orang percaya, ketika berjabat tangan akan ada energi yang mengalir atau bahkan ketika berbeda agama makan secara tidak langsung orang itu mengalirkan agamanya pada orang lain.

Selain itu, ada komunikasi hipnotis atau melalui sugesti. Dimana pada komunikasi ini dicontohkan, ada seorang nenek yang memiliki sakit yang parah, lalu sudah berobat ke dokter yang berbeda beda, namun ternyata tidak ada hasil yang nyata. Sampai ketika nenek ini hampir meninggal, ada satu dokter yang hanya mengelus pipinya lalu membisikan sebuah kata sugesti kepada si nenek tadi dan dengan ajaib si nenek itu langsung sembuh, bagaimana dengan dokternya? Dia kabur, karena siapa yang tidak kaget, orang yang hampir meninggal tiba tiba berubah menjadi sehat lagi dan justru mengejar si dokter yang kabur tadi.

Ada satu pesan dari Pak Ranto, yaitu jangan pernah mendokumentasikan masa lalu terutama masa lalu yang menyedihkan. Karena jika kita melihat lagi ke dokumentasi itu, kita justru akan kembali teringat. Satu cerita dikatakan, ada seorang nenek dan kakek yang cerai, hanya karena cemburu. Ceritanya begini, nenek dan kakek ini memiliki 3 anak dan ketiganya adalah dokter, karena mereka sudah mapan dan cukup sibuk, jadi orangtua mereka (nenek dan kakek tadi) mereka pindahkan kesebuah rumah yang besar. Nah, tanpa diduga ternyata tetangga mereka salah satunya adalah mantan dari si kakek tadi. Jadi ketika si kakek sedang berjalan pagi dan selesai, ia kembali kerumahnya, tiba tiba tetangganya ini mengajak kakek tadi untuk mengobrol. Tanpa diduga duga, tenyata wanita yang menjadi tetangganya ini merupakan mantan si kakek. Dan lebih tidak diduganya lagi, si nenek melihat mereka yang tengah asik mengobrol dari balkon rumah. Karena dia cemburu, akhirnya si nenek ini pun menggugat cerai si kakek tersebut.
Ini hanya karena bertemu mantan, bagaimana jika si kakek ini justru menyimpan banyak foto mudanya bersama mantan mantan dia dan ditemukan si nenek? Mungkin sebelum gugatan cerai tadi si kakek sudah diamuk terlebih dahulu, hehe.

Nah, dari sini kita bisa belajar, bahwa sesuatu yang kita dokumentasikan bisa jadi menjadi bumerang bagi kita dimasa depan nantinya. Apalagi jika yang kita dokumentasikan menyangkut masalah percintaan, bisa saja ini menjadi masalah dihubungan yang akan datang.

Published by lkr95

“Music is the great uniter. An incredible force. Something that people who differ on everything and anything else can have in common.” Sarah Dessen 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: